INDONESIAN  CUISINES  - Soytempeh

 Sebuah cara pengobatan tradisional dengan tanaman yang cukup populer di negara-negara Asia Tenggara, khususnya Indonesia, Malaysia, Thailand dan sekarang di Amerika Utara, adalah Tongkat Ali. Produk ini dipasarkan dalam bentuk bubuk, tablet, atau kapsul. Tongkat Ali berasal (diekstrak) dari akar pohon yang disebut Eurycoma longifolia dan diproduksi dalam berbagai bentuk. Sementara itu ginseng, juga berasal dari akar tanaman, yang sangat dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  

  Penggunaan utama Tongkat Ali adalah untuk meningkatkan kesehatan gairah sexual dan menaikkan kadar hormon laki-laki. Bahan kimia yang terkandung dalam akar ini dapat meningkatkan hormon testosteron seorang pria. Selain itu juga dapat meningkatkan kekuatan otot sehingga membuat produk ini sangat populer di kalangan binaragawan. Beberapa penulis mengklaim bahwa Tongkat Ali juga bisa bermanfaat bagi wanita (Rainforest Herbal, 2016).

 Seiring dengan bertambahnya usia bagi para pria, banyak pengalaman ditemukan dari dampak menurunnya hormon testosteron, atau yang sering dikenal sebagai andropause, seperti dengan menopause pada wanita. Gejala-gejala kekurangan hormon testosteron, seperti kekurangan energi, hilangnya kekuatan otot atau, kelelahan, dan penurunan gairah sexual yang muncul secara bertahap. Sementara itu walaupun terapi untuk penggantian hormon testosteron telah tersedia, banyak "dokter yang menganalisa berdasarkan buku teks kedokterannya," yang ragu-ragu untuk memberikannya kepada pasien mereka, dalam bentuk apapun, suntikan, gel atau tablet. Karena hal ini dapat memiliki efek samping yang sangat serius, seperti peningkatan risiko kanker prostat. Banyak pria telah menemukan solusi yang mereka alami dalam hal ini, seperti akar Tongkat Ali (WebMD.com, n.d).

  Saya percaya bahwa ketidakseimbangan hormon tubuh sangat  tidak baik bagi tubuh manusia kecuali ketidakseimbangan tersebut memang  disengaja untuk mencegah memburuknya penyakit yang diidentifikasi, seperti kanker prostat.


Referensi

Rainforest Herbs, (2016). Tongkat Ali FAQ. Dikutip dari
http://www.rainforestherbs.com/FAQ.html

WebMD, (n.d). Users Reviews & Ratings – Eurycoma  longifolia. Dikutip dari
http://www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientreview-1132-Tongkat+ali+.aspx?drugid=1132&drugname=Tongkat+ali+&pageIndex=1&sortby=3&conditionFilter=-500

















​Type your paragraph here.

 Penterjemah:
Mr. Daniel Eko

Tongkat Ali